Sunday, July 10, 2016

Fitur Trim dan Weld pada 3ds Max



Memotong dan Menyambungkan Bagian-Bagian Objek 2 Dimensi yang Terpisah

Trim berfungsi untuk memotong objek Shape. Sedangkan Weld berfungsi untuk mengikat/menyatukan keseluruhan Vertex sehingga objek Shape menjadi satu kesatuan. Bila Anda melakukan perintah Trim pada Shape, maka Vertex-Vertex pada Shape tersebut akan terbuka. Anda harus melakukan perintah Weld agar keseluruhan Vertex pada Shape tersebut menyatu kembali.

Berikut cara menggunakannya:

1. Buat dua buah objek Shape. Misalkan objek Rectangle dan objek Ellipse. Susun seperti gambar di bawah. Pilih Rectangle, Anda convert ke dalam Editable Spline. Lalu Anda Attach dengan Ellipse.


2. Anda klik tombol Trim.


3. Kemudian Anda klik garis-garis seperti gambar berikut.


4. Hasilnya, objek tampak menjadi bolong. Jangan lupa, Anda lakukan Weld, agar ketika nanti di-Extrude, objek tersebut menjadi objek 3D yang solid. Anda pilih mode Vertex dan seleksi keseluruhan Vertex.


5. Selanjutnya klik tombol weld.



6. Sekarang Anda berikan modifier Extrude. Hasilnya akan tampak seperti gambar dibawah.


SELESAI

No comments:

Post a Comment